WAYANGAN SOSIALISASI PILGUB JATENG

KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten, Sabtu (2/3) menggelar wayang kulit di Lapangan Kranggan, Polanharjo, Klaten. Gelaran itu dilakukan dalam rangka Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Pagelaran yang mengambil lakon Sesaji Raja Soya itu dibawakan dengan apik oleh Dalang Ki Nardo Dharsono.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua KPU Klaten Ngatmin Sumarto Pawiro beserta jajaran komisioner, Sekretaris Thomas Sunarno SH berikut staf sekretariat KPU Klaten. selain itu, hadir juga jajaran Muspida, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, Camat, Kepala Desa beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam cerita dikisahkan usai penobatan Puntadewa menjadi raja di Indraprasta, Prabu  Kresna menyarankan agar Prabu Puntadewa mengadakan sesaji Rajasuya. Pelaksanaan Sesaji Raja suya, yaitu sesaji raja agung yang didukung oleh raja-raja dari 100 negara.

Prabu Puntadewa, adalah seorang yang memiliki karisma Sebagai  raja agung, berbudi bawa laksana, adil paramarta, Prabu Punta dewa menginginkan Sesaji Rajasuya dengan damai tidak ada peperangan maupun pertempuran, sementara para raja yang sudah siap mendukung sesaji tersebut baru dari 13 negara, meliputi Dwarawati, Mandura, Pancara, Kumbina, Lesanpura, Mandaraka, Wiratha dan lain-lain.

Berikut ini foto-foto kegiatan :

[nggallery id=5]

telah dibaca sebanyak 2259 kali

Bagikan: