SOSIALISASI PILGUB JATENG

Sosialisasi-Pilgub-di-LapasKLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten terus menggiatkan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2013. Setelah Rabu (22/5) pagi, menggelar sosialisasi Pilgub Jateng 2013 di Lapas Klaten, malam harinya digelar sosialisasi di hadapan umat Buddha di Kotesan, Prambanan, Klaten.

Pada pagi harinya, sosialisasi ini dilakukan agar 382 warga binaan Lapas Klaten mengetahui tatacara pencoblosan saat hendak menggunakan hak pilihnya pada 26 Mei mendatang. ‘’Warga binaan Lapas tidak dapat berinteraksi ke luar. Dengan demikian, mereka mengetahui tatacara pencoblosan saat menggunakan hak pilihnya sebagai warga Jawa Tengah,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Klaten, Suharso.

Selain sosialisasi, KPUD Klaten juga melakukan simulasi pencoblosan. Dalam simulasi ini, ratusan penghuni lapas terlihat mengantri untuk melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) yang khusus diadakan di Lapas Klaten. Satu per satu bergiliran untuk menggunakan hak pilih mereka.

‘’Tidak hanya untuk warga binaan, petugas lapas yang bertugas pun dapat melakukan pencoblosan di sini, dengan membawa undangannya. Rencananya akan ada dua bilik suara untuk TPS di lapas ini,’’ tambah Suharso.

Sementara itu, Suharso dalam sosialisasi di hadapan umat Buddha mengungkapkan arti pentingnya Pilgub Jateng ini. Menurutnya, partisipasi masyarakat menjadi hal krusial dalam tahapan suksesi gubernur dan wakil gubernur.

Sosialiasi di hadapan umat Buddha ini sebagai rangkaian sosialisasi kepada umat beragama di Klaten. Sebelumnya, dilakukan sosialisasi kepada umat Katholik, Kristen, Hindu dan Islam.

telah dibaca sebanyak 762 kali

Bagikan: