RISET PARTISIPASI WARGA UNTUK PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KLATEN 2015

riset parwa

Klaten – Dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Klaten 2015, KPU Kabupaten Klaten mengadakan riset terkait partisipasi warga dengan tema “Kesukarelaan Politik ( Political Voluntarism ) Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten Tahun 2015″. Riset ini merupakan terobasan baru sekaligus sebagai pelaksanaan Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Keputusan KPU Kabupupaten Klaten Nomor 5/KPU-Kab/012.329461/2015 tentang Pedoman Teknis Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten Tahun 2015, serta Surat Edaran KPU RI Nomor : 155/KPU/IV/2015 tanggal 6 April 2015 Perihal Pedoman Riset tentang Partisipasi dalam Pemilu.]

Adapun tujuan Riset ini adalah untuk bertujuan untuk mentradisikan kebijakan berbasis riset atas persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen pemilu dan meningkatkan peran politik warga secara sukarela (political voluntarism) warga, dan juga untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas Pilbup Klaten 2015.

Hasil dari riset yang dilakukan ini nantinya akan dirumuskan dalam rekomendasi kebijakan / program kerja terkait dengan sosialisasi dan pendidikan pemilih, sehingga penyusunan kebijakan akan sesuai dengan tujuan Pilbup Klaten 2015, yaitu terciptanya Pilbup yang berkwalitas, bermartabat dan aksesabel, meningkatnya partisipasi warga dalam Pemilu.

Pada pelaksanaan riset partisipasi warga ini, KPU akan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kabupaten Klaten – khususnya divisi Sosialisasi, untuk melakukan penelitian lapangan terkait perilaku, tingkat pengetahuan serta kebutuhan informasi warga dalam pemilihan (voting behaviour). Hal ini sekaligus agar PPK melakukan sosialisasi dengan turun langsung ke warga.

Penelitian lapangan dilakukan pada bulan Juni 2015, yang akan dilakukan koordinasi setiap minggunya untuk mengetahui perkembangannya dengan melibatkan langsung warga pemilih yang diambil secara acak (random) dengan mengambil sampel warga yang mewakili 6 (enam) unsur pemilih, yaitu unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, pemilih marginal, pemilih pemula, pemilih berkebutuhan khusus (diffabel), serta perempuan.

Sebelumnya pada Senin (1/6/2015), PPK yang akan melakukan riset ke lapangan diberikan pembekalan oleh Muhammad Ansori, S. Pd. I, selaku divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Klaten yang juga sebagai koordinator pelaksanaan program tersebut, terkait pelaksanaan tekhnis riset dan juga oleh Joko Hadi Siswanto yang memberikan materi terkait etika-etika berkomunikasi pada acara rapat koordinasi terkait Riset Partisipasi Warga Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2015.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Klaten – Siti Farida, dalam arahannya menegaskan bahwa diantara kewajiban penyelenggara selain melaksanakan serta mensosialisasikan semua tahapan kepada masyarakat, juga harus dapat memberi pelayanan semaksimal mungkin kepada pemilih. Untuk inilah pelaksanaan riset ini sangat penting dalam rangka untuk mencapai tujuan, mensosialisasikan tahapan sekaligus mendengar langsung aspirasi dari masyarakat agar pelayanan serta pelaksanaan Pilbup 2015.

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]

Anda dapat mengunduh Modul Panduan Tekhnis Riset Kesukarelaan Politik dengan klik link di bawah ini:

telah dibaca sebanyak 1159 kali

Bagikan:

Comments are closed.