PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA: PENANAMAN POHON DEMOKRASI DAN DISKUSI PUBLIK

Klaten, 30 Mei 2016 – Dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk melakukan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih kepada masyarakat, KPU Kabupaten Klaten mengadakan rangkaian acara yang dikemas dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Penanaman Pohon Demokrasi di Desa Bunder, Bandungan, Klaten oleh Ketua KPU beserta keluarga besar KPU Kabupaten Klaten. Pada acara yang juga dihadiri oleh ketua DPRD Kabupaten Klaten РAgus Riyanto, jajaran Polsek Jatinom, perangkat Desa Bandungan Jatinom, Keluarga Mahasiswa Klaten serta  ratusan masyarakat Bandungan Jatinom dan sekitarnya ini, KPU Kabupaten Klaten memberikan sosialisasi terkait pentingnya menjaga demokrasi agar bisa tumbuh secara baik supaya dapat memberikan kesejukan kepada Klaten dan masyarakat Klaten sendiri. Pada kesempatan ini, dilakukan penanaman sejumlah 200 pohon dari jenis sengon dan trembesi, dengan diawali penanamannya oleh Ketua DPRD Klaten РAgus Riyanto dan Ketua Ketua KPU Kabupaten Klaten РSiti Farida, yang kemudian dilanjutkan menanam bersama masyarakat dan diakhiri dengan ramah tamah dengan masyarakat setempat.

Sebelumnya, 28 Mei 2016, KPU Kabupaten Klaten juga terlibat aktif dalam rangkaian kegiatan acara TANDUR BANYU di Lereng Merapi yang di inisiasi oleh Keluarga Mahasiswa Klaten (KMK) Universitas Diponegoro Semarang serta dilakukan bersama-sama dengan masyarakat dan Komunitas Peduli Klaten.

Adapun puncak rangkaian kegiatan ini, KPU Kabupaten Klaten akan mengadakan Diskusi Publik dan Diseminasi Data dan Informasi Hasil Pemilu Kabupaten Klaten dengan temaMembangun Demokrasi Substantif Dalam Kerangka Hukum Kepemiluan“, yang akan di fasilitatori oleh Fajar S.A.K.A, SH., MH., –¬† Ketua KPU Provinsi Jawa Tengan 2008- 2013, pegiat demokrasi dan pengamat kepemiluan dari Semarang.

Tujuan utama dari diskusi publik ini, selain melakukan kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat juga sekaligus sebagai sarana penyampaian informasi dan sosialisasi tentang hasil pemilu di Kabupaten Klaten mulai tahun 2009, 2010,2013,2014,dan Pilbup 2015.

Selain diskusi, pada acara ini juga akan disajikan data-data kepemiluan oleh KPU Kabupaten Klaten sebagai salah satu upaya KPU Kabupaten Klaten untuk terus menerus menjaga komunikasi, memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat. Dalam diskusi ini, KPU Kabupaten Klaten juga akan mengundang beberapa unsur masyarakat, seperti: Polres Klaten, Partai Politik, Panwaskab Klaten Pemilu 2014 dan pilbup 2015, Organisasi Masyarakat Sipil, LSM dan atau Komunitas Masyarakat, Perwakilan Sekolah dan atau Perguruan Tinggi, Organisasi Diffable Kabupaten Klaten, Organisasi/ Kelompok perempuan.

Diharapkan, dari rangkaian kegiatan ini akan terus menerus terjalin komunikasi antar KPU, Partai Politik serta masyarakat agar iklim demokrasi di Kabupaten akan semakin sejuk, kondusif serta demokratis.

Galeri foto:

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Dengarkan”]

telah dibaca sebanyak 693 kali

Bagikan: