MATANGKAN TEKNIS PENCALONAN PEMILIHAN 2020

BERITA KPU RI: Matangkan Teknis Pencalonan Pemilihan 2020

Jakarta, kpu.go.id – Menyiapkan diri menghadapi proses pendaftaran bakal calon kepala daerah pada Pemilihan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan persiapan, salah satunya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan.

Mengundang komisioner beserta Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian divisi Teknis dan Hukum di 34 Provinsi, melalui bimtek diharapkan aturan yang sudah dirancang nantinya dapat diterapkan dengan baik.

Membuka jalannya bimtek, Ketua KPU RI, Arief Budiman menekankan pentingnya tahap pencalonan dalam pelaksanaan Pemilihan di tahun depan.

“Pencalonan ini penting sebagai urusan penyelenggaraan pemilu, salah satu core business-nya KPU itu pencalonan karena ada penyelenggara dan peserta pemilu di dalamnya,” ungkap Arief di Jakarta, Selasa (12/11/2019) malam.

Arief mengatakan regulasi teknis pencalonan saat ini sudah sampai pada tahap penyelesaian sebelum nantinya diundangkan melalui Kementerian Hukum dan HAM. Sebelumnya, PKPU Pencalonan sudah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD), Uji Publik, sampai pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Lebih jauh, Arief mengingatkan kepada peserta yang hadir pentingnya transparansi, menurut dia, transparansi menjadi hal penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu.

“Pesan saya adalah sistem yang sudah dibangun ini harus dijaga dengan baik, Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kemudian teman-teman bisa implementasikan aturan dengan baik, soliditas dijaga dengan baik jangan sampai ada yang justru diantara kita saling menjatuhkan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI, Nur Syarifah menyampaikan melalui kegiatan Bimtek seluruh peserta akan diperkenalkan Mock Up Silon sekaligus setelah diperkenalkan nantinya akan diadakan Bimtek khusus Operator secara bergelombang.

“Kita juga akan mintakan masukan terutama variasi persoalan yang mungkin timbul dalam persoalan Silon, kita harap hasil Bimtek kita sekaligus sempurnakan baik peraturannya maupun juknis petunjuknya,” pungkasnya. (hupmas kpu ri bil/foto: dody amin/ed diR)

SUMBER BERITA DAPAT DILIHAT [DISINI]

telah dibaca sebanyak 14 kali

Bagikan: