LAUNCHING TAHAPAN PILGUB JATENG 2018 DAN PERSIAPAN PEMBENTUKAN BADAN PENYELENGGARA AD-HOC

Dirilis Pada:

Setelah ditetapkannya hari dan tanggal pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (PILGUB) Jawa Tengah (Jateng) 2018, yaitu 27 Juni 2018, serta dimulainya tahap awal pada Juni 2017 mendatang  2018, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah maupun KPU Kabupaten/kota Рkhususnya KPU Kabupaten Klaten segera menindaklanjuti hal tersebut.

Diawali dengan sosilasasi terkait PILGUB JATENG 2018 baik di internal KPU sendiri maupun ke pemerintah, pihak terkait dan masyarakat. Setelah penetapan serta penyusunan regulasi itu, tahapan PILGUB JATENG 2018 dilanjutkan dengan sosialisasi, maka tahapan krusial terdekat adalah pembentukan badan penyelenggara pemilu, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), yang akan dilakukan pada 12 September sampai dengan 11 Oktober 2017 yang dilanjutkan dengan pemberian bimbingan teknis di masing-masing tingkatan secara menyeluruh.

Terkiat dengan hal tersebut, maka KPU Kabupaten Klaten sudah memulai mensosialisasikan tahapan pembetukan badan penyelenggara tersebut kepada masyarakat. Selain tahapan dan tanggal, hal lain yang juga disampaikan adalah terkait periodesasi PPK PPS terkait penjelasan berkaitan dengan periodesasi badan penyelenggara sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tat Kerja KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, Pembentukan dan Tata Kerja, PPK, PPS dan KPPS Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Surat Edaran (SE) KPU nomor 183/KPU/IV/2015 tentang Penjelasan anggota PPK, PPS dan KPPS belum pernah menjabat 2 kali periode. Hal ini penting agar masyarakat mengetahui serta mempersiapkan diri mereka (bagi yang ingin menjadi badan penyelenggara).

Adapun dalam SE tersebut dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan 2 (dua) kali periode adalah sebagai berikut:

  1. Periode pertama dimulai dari tahun 2005 hingga tahun 2009;
  2. Periode kedua dimulai pada tahun 2010 hingga tahun 2014, dan seterusnya.

Artinya, jika seseorang pernah sekali atau teru menerus menjadi Badan Penyelenggara adhoc (PPK,PPS, KPPS) pada rentang waktu periodesasi diatas maka dihitung 1 periode dan seterusnya.

Tahapan lain yang sedang dikerjakan oleh KPU Kabupaten Klaten adalah proses koordinasi dengan dinas terkait terkait dengan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Jateng 2018. Data dari Kemendagri, akan dianalisis dengan DPT pemilu terakhir dan kemudian berkoordinasi dengan dinas kependudukan dan catatan sipil di sejumlah daerah untuk penetapan DPT.

telah dibaca sebanyak 14 kali

Bagikan:

Tulisan Terkait:

Accessibility
Tutup