Konsolnas dan Semangat Menyukseskan Pemilihan 2020

BERITA KPU RI: Konsolnas dan Semangat Menyukseskan Pemilihan 2020

Jakarta, kpu.go.id – Puncak acara dari rangkaian Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 berlangsung semarak di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Senin (23/9/2019). Ribuan anggota dan sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi/KIP Aceh dan KPU kabupaten/kota, berkumpul untuk menyatukan tekad menyelenggarakan Pemilihan 2020 yang sukses, aman dan lancar.

Kegiatan ini sekaligus jadi hitung mundur penyelenggaraan Pemilihan 2020 yang akan dilaksanakan tepat satu tahun kedepan. Dalam sambutannya Ketua KPU RI Arief Budiman optimis Pemilihan 2020 akan berlangsung sukses. Hal ini dilatarbelakangi kesuksesan yang telah diraih di Pemilu 2019 dimana beragam capaian berhasil ditorehkan.

Beberapa capaian tersebut disampaikan Arief, antara lain partisipasi pemilih yang meningkat tajam dibanding pemilu sebelumnya. Di pemilu serentak lalu, angka partisipasi mencapai 82 persen atau diatas target yang sudah dicanangkan diangka 77,5 persen.

Catatan manis lain yang berhasil ditorehkan adalah jumlah sengketa yang menurun tajam dibanding pemilu sebelumnya. Menurut dia pada 2014 sengketa yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebanyak 900, berhasil diregister 808 kemudian diproses hingga diputus mencapai 21 kasus.

Dari sisi anggaran, KPU juga menurut Arief berhasil menghemat hingga 40,1 persen. Hal ini tidak terlepas dari semangat KPU untuk melaksanakan kegiatan secara efektif juga didukung oleh penerapan proses pengadaan barang melalui e-katalog. Sementara dibidang hukum, pada 2019 ini KPU juga berhasil meraih penghargaan JDIHN dari Kementerian Hukum dan Ham untuk kategori pengelolaan JDIH terbaik lembaga non kementerian.

Berita selengkapnya, klik [disini]

telah dibaca sebanyak 6 kali

Bagikan: