Gelar FGD, KPU Matangkan Regulasi Mutarlih 2020

BERITA KPU RI: Gelar FGD, KPU Matangkan Regulasi Mutarlih 2020

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mematangkan berbagai regulasi jelang Pelaksanaan Pemilihan 2020, setelah PKPU tahapan diketok kini penyelenggara pemilu mulai menggodok aturan lain salah satunya Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih).

Melalui Focus Group Discussion (FGD) tertutup, Komisioner KPU, Viryan bersama sembilan Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan 2020 berdiskusi membahas Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan.

Pasal demi pasal kemudian diulas mulai dari ketentuan umum, istilah, kodifikasi, proses sinkronisasi, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Daftar Penduduk Potensial Pemilihan (DP4), sampai pemilih disabilitas. “Mari menjadikan forum ini bapak/ibu bisa sampaikan pengalaman pemilu sebelumnya bagaimana dan kira-kira ke depan bagaimana,” kata Viryan di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

 Komisioner yang hadir kemudian menyampaikan kendala yang dialami selama Pemilu 2019 lalu, beberapa kendala diantaranya yakni adanya sumber DP4 yang berbeda di setiap tingkatan, rekrutmen PPDP yang dinilai kurang selektif, regulasi pendataan pemilih disabilitas yang masih terlalu rumit serta kendala-kendala lainnya.

Berdasarkan kendala-kendala tersebut sejumlah komisioner berdiskusi dan menghasilkan usulan yang nantinya dituangkan dalam klausul revisi PKPU Mutarlih sebelum dilakukan uji publik. (hupmas kpu ri bil/foto: aps/ed diR)

Sumber dari [sini]

telah dibaca sebanyak 1 kali

Bagikan: