EVALUASI UNTUK TATA KELOLA PEMILU YANG LEBIH BAIK

BERITA KPU RI: Evaluasi untuk Tata Kelola Pemilu yang Lebih Baik

Padang, kpu.go.id – Kesuksesan Pemilu 2019 menghadirkan banyak apresiasi baik dari dalam maupun luar negeri. Meski begitu evaluasi tetap dilakukan untuk penyelenggaraan pemilihan maupun pemilu berikutnya yang berkualitas.

Masih dalam rangkaian kegiatan Seminar Nasional Kepemiluan 2019, pada perhelatannya yang ketiga, Selasa (12/11/2019)) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mendatangi Universitas Andalas (Unand) yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat untuk kembali menghimpun masukan atas permasalahan yang ditemui selama Pemilu 2019 lalu.

Kerjasama ini mendapat respon baik dari Anggota KPU RI yang hadir Hasyim Asy’ari. Menurut dia kerjasama dengan universitas adalah bagian dari komitmen KPU dan telah berlangsung diperbaiki sektor. Selain seminar juga telah berlangsung kerjasama S2 Tata Kelola Pemilu yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas personel dijajaran sekretariat jenderal.

Hasyim pada kesempatan itu juga menyampaikan terkait evaluasi Pemilu yang menurut dia bisa dilihat dari tiga aspek, antara lain sistem pemilunya, proses pemilunya dan manajemen pemilunya. “Maka itu evaluasi penting dan tentunya sangat berpengaruh (terhadap) aspek tata kelola pemilu,” tutur Hasyim.

Pandangan KPU dibenarkan Dekan Fisip Unand Alfan Miko, yang melihat komitmen KPU cukup tinggi dalam bidang akademik. Menurut dia hal itu sangat tepat mengingat pemilu perlu dikelola dengan cara yang ilmiah guna menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Sebelumnya ucapan terimakasih dan selamat datang disampaikan Wakil Rektor IV Unand Endri Martin atas kerja sama yang baik antara lembaganya dengan KPU selama ini. Kerjasama yang perlu ditingkatkan dimasa akan datang. “Kerjasama ini sudah membatin dan ada cita-cita besar KPU yang harus kita (Unand) lanjutkan sekarang yaitu meningkatkan pendidikan berdemokrasi’ ucap Endi.

Sebagaimana laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Fajri, Seminar Nasional Kepemiluan diikuti oleh 400 orang peserta, mereka mendaftar secara online dan on the spot (ditempat). Peserta berasal dari kalangan perguruan tinggi dalam dan luar Sumatera Barat juga dihadiri KPU se-Sumatera Barat. (hupmas kpu ri ieam/foto: ieam/ed diR)

SUMBER BERITA DAPAT DILIHAT [DISINI]

telah dibaca sebanyak 12 kali

Bagikan: