EVALUASI INTERNAL PENYELENGGARAAN PEMILU TAHUN 2014 KPU KABUPATEN KLATEN

Dirilis Pada:

Evaluasi Internal Penyelenggaraan PEMILU TAHUN 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten

EvInt  Karanganyar РKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten melakukan evaluasi internal pasca-penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Evaluasi ini dilaksanakan di River Hill, Tawangmangu-Karang Anyar pada tanggal 14-15 Nopember 2015 dengan melibatkan seluruh komisioner, Sekretariat serta seluruh Staff KPU KabupatenKlaten.

Evaluasi ini dilakukan dengan melihat kembali sejumlah kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan Pileg dan Pilpres, terutama terhadap kinerja dan pelaksanaan tahapan  pada Pemilu 2014 agar dalam persiapan Pemilukada 2015 maupun Pemilu-pemilu sesudahnya, KPU Kabupaten Klaten menjadi lebih baik dan meningkat kualitas peran serta pelayanannya baik secara internal maupun eksternal, demikian disampaikan ketua KPU Kabupaten Klaten РSiti Farida.

Dalam pelaksanaanya, masing-masing memberikan catatan, masukan dan evaluasi kemudian hal juga saling memberikan catatan dan evaluasi satu dengan yang lain dengan tujuan adanya perbaikan kinerja berikutnya.

Di sisi lain, pada agenda selanjutnya, KPU Kabupaten Klaten juga berencana akan mengadakan evaluasi menyeluruh dengan melibatkan semua unsur-unsur yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pemilu 2014 di Kabupaten Klaten. Diantara pihak-pihak yang akan terlibat dalam evaluasi tersebut adalah; KPU dan Jajarannya, PanwasKab dan Jajarannya, Pimpinan Partai Politik, DPRD Kabupaten Klaten terpilih, Muspida, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama, Budayawan, Media, perwakilan pemilih dari berbagai segmen, Relawan Demokrasi serta KPU Kabupaten se-Solo Raya, Organisasi kemasyarakatan, LSM, maupun pihak-pihak terkait lainnya.

Evaluasi menyeluruh ini diharapkan nantinya akan ada catatan-catatan, masukan serta temuan-temuan objektif yang bisa dijadikan rekomendasi perbaikan yang terukur, sehingga bisa dijadikan sebagai upaya perbaikan terhadap pelaksanaan pemilu-pemilu selanjutnya, khususnya di Kabupaten Klaten. ” tambahnya.

Adapun pelaksanaan acara ini direncanakan pada bulan pertengahan Desember 2014. Hal ini sekaligus dalam rangka sosialisasi dan persiapan KPU Kabupaten Klaten dalam menghadapi Pemilukada tahun 2015.

telah dibaca sebanyak 931 kali

Print Friendly, PDF & Email

Tulisan Terkait:

Website KPU Kabupaten Klaten