daulatdesa.com: Pemilu, Pintu Kedaulatan Rakyat?

Daulatdesa.com, Jakarta – Dalam sebuah negara demokratis, Pemilu menjadi pintu bahkan kunci terwujudnya kedaulatan rakyat. Tidak akan ada kedaulatan rakyat tanpa melalui Pemilu yang demokratis. Pemilu merupakan ciri utama negara demokrasi. Pemilu menjadi instrumen dan mekanisme keterlibatan rakyat untuk ikut serta menentukan pemimpin dan arah pemerintahan suatu daerah atau negara pada periode tertentu.

Demokrasi diartikan sebagai bentuk dan sistem pemerintahan “dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Melalui Pemilu yang demokratis, rakyat terlibat aktif dan menjadi penentu terpilihnya kepala pemerintahan dan wakil rakyat berdasarkan tata nilai yang berlaku. Partisipasi rakyat dalam Pemilu merupakan perwujudan keikutsertaan rakyat dalam pembentukan pemerintahan dan jalanannya pembangunan di semua tingkatan.

Kita memang pantas berbangga, Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, di bawah India dan Amerika Serikat. Sejak tahun 1955, Indonesia telah menyelenggarakan Pemilu sebanyak 11 kali. Sebuah jumlah yang terbilang banyak dan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang cukup panjang. Namun demikian, Pemilu yang teratur dan terus-menerus saja tidak cukup untuk menghasilkan pemimpin dan pemerintahan yang benar-benar mendekati kehendak rakyat.

Artikel selengkapnya klik [disini]

telah dibaca sebanyak 49 kali

Bagikan: