BIMBINGAN TEKNIS SERENTAK PPDP SE-KABUPATEN KLATEN

Sebagai ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sangat penting perannya dalam proses penyusunan daftar pemilih yang akurat.  Bisa dikatakan bahwa, salah satu factor dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (PILGUB Jateng) pada Rabu Pon, 27 Juni 2018 sangat bergantung pada kinerja PPDP di lapangan. Jika PPDP berkerja secara optimal dan sesuai prosedur dalam proses Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih, maka akan tercipta Daftar Pemilih yang akurat.

Untuk memastikan kesamaan dalam pemahaman serta prosedur kerja, maka KPU Kabupaten Klaten, melalui Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) mengadakan Bimbingan teknis (bimtek) serentak pada hari ini, Rabu, (17/01).

Bimtek ini diawali dengan pembacaan sekaligus Pakta Integritas guna menguatkan komintmen sekaligus integritas PPDP dalam bekerja. Pada Bimtek kali ini, PPDP selain diberikan materi terkait teknis dan standar operasional kerja, juga diberikan materi tentang tahapan dan jadwal Pemuktahiran Data Pemilih, pengecekan logistik PPDP dilapangan, serta pengetahuan tentang Pilgub 2018.

Adapun tahapan Coklit ini dilaksanakan pada tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018, dengan diawali gerakan “COKLIT SERENTAK”.  Pada pelaksanaan gerakan coklit serentak ini nanti seluruh jajaran penyelenggara (mulaidari KPU,PPK,PPS) secara bersama-sama melakukan pendampingan terhadap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam melakukan pemutakhiran data pemilih dengan mendatangi rumah ke rumah.

Selain melakukan coklit data, PPDP juga akan melakukan pendataan pemilih dengan segmentasi tertentu, seperti Diffable, boro (rantau), pemilh berkebutuhan khusus. Sehingga data pemilih kabupaten Klaten akan lebih valid dan akuntabel sehingga dalam proses penyelenggaraan selanjutnya juga berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada Persiapan Verifikasi Faktual, sebelum melakukan verifikasi Faktual PPDP harus memastikan beberapa hal sebagai berikut, diantaranya: menerima dan memeriksa seluruh dokumen dan peralatan yang diperlukan di lapangan serta mempelajari seluruh dokumen dan kegunaan setiap formulir.

Pada Pelaksanaan Pemutakhiran PPDP Pada 2 hari pertama, dilakukan pengecekan data pemilih terlebih dahulu ke rumah ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat. Hal-hal yang perluditanyakan diantaranya adalah apakah ada perubahan data terbaru di wilayahnya; apakah ada warga pindah, pendatang, meninggal, pension atau penambahan KK; kemudian memeriksa setiap KK apakah benar berdomisili di wilayah tersebut.

Dan setelah pengecekan selesai, PPDP akan memberikan stiker di setiap rumah, yang menandakan bahwa rumah yang bersangkutan sudah didata oleh petugas PPDP.

telah dibaca sebanyak 222 kali

Bagikan: