BAKAL CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KLATEN PADA PILBUP KLATEN 2015

Klaten – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2015 (PILBUP KLATEN 2015) sudah memasuki babak pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati.

Sejak pendaftaran dibuka pada Minggu 26 Juli 2015 pukul 08.00 – 16.00, sudah dua pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftarkan diri ke KPU Klaten. Kedua pasangan yaitu pasangan calon perseorangan, H. Mustafid Fauzan, SE – Sri Harmanto, SE, Msi., serta pasangan One Krisnata – Drs. H. Sunarto, M. Hum yang didukung oleh gabungan parpol PAN, GOLKAR, PKB dan DEMOKRAT.

Pasangan pertama yang mendaftarkan diri yakni H. Mustafid Fauzan, SE – Sri Harmanto,SE, MM., Mereka mendatangi KPU sekitar pukul 14.15 WIB mengenakan baju batik. Keduanya dikawal para sukarelawan.

Sementara pasangan One Krisnata – Drs. H. Sunarto, M. Hum, datang ke KPU sekitar pukul 15.00 WIB mengenakan baju batik rangrang warna warni dengan didampingi semua pimpinan (ketua dan sekretaris) parpol pengusung kedua pasangan tersebut bersama para simpatisan.

Pada hari ke-3 pendaftaran – 28 Juli 2015, KPU kembali menerima pendaftaran dari Pasangan Sri Hartini, SE – Sri Muryani, yang diusung oleh gabungan parpol PDI-Perjuangan dan Nasdem, serta pasangan dr. H. Suhardjanto, M. Kes – H, Sunardi, S.Pd, MM., yang diusung oleh gabungan parpol PKS, GERINDRA dan HANURA.

Pasangan pertama yang mendaftarkan pada hari terakhir pendaftaran ini yakni Sri Hartini, SE – Sri Mulyani , Mereka mendatangi KPU sekitar pukul 14.15 WIB mengenakan putih dengan kerudung merah dengan dikawal oleh para pimpinan partai pengusung dan para sukarelawan.

Sementara pasangan dr. H. Suhardjanto, M. Kes – H, Sunardi, S.Pd, MM., datang ke KPU pada menit-menit akhir – sekitar pukul 15.50. Meskipun pada awalnya baru dr. H. Suhardjanto, M. Kes yang datang, dan setelah di klarifikasi oleh KPU terkait belum bisa dinyatakan sah pendaftarannya sebelum cawabup hadir. Sedangkan menurut klarifikasi yang diberikan oleh tim penghubung (LO) dari PKS menjelaskan bahwa belum hadirnya H, Sunardi, S.Pd, MM. (cawabup) saat itu karena sedang dalam perjalanan dan kendala tekhnis lainnya tapi dipastikan beliau akan hadir. Akhirnya Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Sunardi akhirnya mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten pada sekitar pukul 20.45 WIB.

Pada hari terkahir pendaftaran, KPU Kabupaten Klaten kemudian Pleno tentang Penerimaan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten Tahun 2015, dan menyatakan bahwa pendaftaran keempat Pasangan Calon tersebut diterima.

Selanjutnya KPU Kabupaten Klaten akan melakukan penelitian Dokumen Persyaratan Pencalonan dan Persyaratan Calon – sebagaimana tercantum dalam Peraturan KPU nomor 9 tahun 2015 BAB V tentang Penelitian Dokumen Persyaratan Pencalonan Dan Persyaratan Calon pasal 46 sampai dengan pasal 52. Kemudian, KPU Kabupaten Klaten menyampaikan hasil penelitian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 47 kepada Pasangan Calon dan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dan mengumumkan paling lambat 2 (dua) hari setelah penelitian dam memberikan kesempatan pasangan calon dan atau partai politik dan atau gabungan partai politik untuk melakukan perbaikan persyaratan pencalonan dan menyampaikan kepada KPU Kabupaten pada masa perbaikan selama 3 (tiga) hari setelah pemberitahuan hasil penelitian diterima Calon – sebagaimana tercantum dalam Peraturan KPU nomor 9 tahun 2015 BAB V tentang Penelitian Dokumen Persyaratan Pencalonan Dan Persyaratan Calon pasal 46 sampai dengan pasal 54 – 60.

KPU Kabupaten Klaten mengumumkan kepada masyarakat dan menyampaikan hasil penelitian kepada Pimpinan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dan Pasangan Calon perseorangan. Masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan kepada KPU Kabupaten Klaten sejak pengumuman Pasangan Calon pada laman KPU Kabupaten dan/atau media cetak atau media elektronik sampai dengan masa penelitian. Masukan dan tanggapan masyarakat harus dibuat secara tertulis dan dilengkapi dengan identitas yang jelas dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk – sesuai dengan PKPU Nomor 9 tahun 2015 pasal 61 dan ayat 93.

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]

 

telah dibaca sebanyak 9676 kali

Bagikan:

Comments are closed.